-->

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa dan bulan penuh berkah

 Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa dan bulan penuh berkah. Umat Islam memperingati bulan Ramadhan satu tahun sekali. Dan pada tahun ini bulan Ramadhan jatuh pada bulan April. Tidak terasa kita akan menunaikan puasa di bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan kita sebagai umat muslim janganlah menyia - nyiakan keistimewaan ini. Bulan Ramadhan memiliki keistimewaan yang sangat besar. Maka dari itu, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dengan mengerjakan amalan - amalan.


Apa saja sih amalan yang harus kita lakukan di dalam bulan Ramadhan?


Berikut amalan - amalan yang harus kita lakukan di dalam bulan Ramadhan.


• Shalat Tarawih


Shalat tarawih merupakan shalat yang hanya ada di dalam bulan Ramadhan. Shalat tarawih adalah shalat sunnah. Jumlah raka'at shalat tarawih ada yang 23 rakaat dan 11 rakaat. Dengan mengerjakan shalat tarawih di bulan Ramadhan kita akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan dapat memperbaiki hubungan baik dengan orang lain karena dengan shalat tarawih kita bisa menjalin silaturahmi dengan orang lain.


• Tadarus Al-Qur'an


Selama kita menunaikan ibadah puasa Ramadhan lebih baik kita isi dengan melakukan tadarus Al-Qur'an. Tadarus Al-Qur'an memiliki banyak sekali kebaikan dan Allah SWT akan melipatgandakan pahala pada setiap amalan yang dilakukan oleh umat muslim selama bulan Ramadhan.


• Bersedekah


Kita puasa tidak hanya dengan menahan lapar dan dahaga tapi kita juga harus memperbanyak amalan di bulan Ramadhan dengan memberi sebagian harta kita kepada orang yang membutuhkan. Insyaallah semua yang kita lakukan akan mendapat pahala yang banyak apalagi dilakukan di bulan Ramadhan yaitu bulan yang penuh berkah.


• Itikaf


Itikaf atau mendekatkan diri kepada Allah SWT biasa dilakukan di masjid pada saat bulan Ramadhan.


Pada sebuah hadits disebutkan bahwa, dari Ibnu Umar RA (diriwayatkan bahwa) Ia berkata: Rasulullah SAW selalu beritikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadhan. (HR. Al-Bukhari No. 2025 dan Muslim No. 2838).


Waktu untuk beritikaf adalah di akhir bulan Ramadhan atau 10 hari terakhir, sebagaimana hadits yang disampaikan Aisyah ra, Nabi shallallahu alaihi wa sallam beritikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadhan hingga wafatnya kemudian istri-istri beliau pun beritikaf setelah kepergian beliau. (HR. Al-Bukhari No. 2016 dan Muslim No. 1172).


• Dzikir


Keistimewaan dzikir sesungguhnya pada malam dan siang Ramadhan merupakan waktu-waktu yang mulia dan utama. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk melakukan dzikir dan berdoa. Khususnya pada waktu-waktu yang istijabah, diantaranya saat berpusa hingga berbuka, saat malam terutama pada sepertiga malam terakhir, dan saat sahur.


• Melaksanakan shalat lima waktu


Selain kewajiban kita sebagai umat muslim. Shalat lima waktu harus selalu dikerjakan di bulan Ramadhan. Jika kita melaksanakan shalat tepat waktu dan juga tanpa putus saat bulan Ramadhan, bukan hanya pahalanya aja yang berlipat ganda tetapi satu rakaat shalat di bulan Ramadhan ini juga pahalanya lebih berkah dibandingkan seribu rakaat di bulan lainnya.

0 Response to "Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa dan bulan penuh berkah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel